Tips Pekerja

5 Tips saat pertama kali kerja yang membuat kalian terkesan

Adalah hal yang lebiasa saat kalian merasa grogi saat memasuki lingkungan baru, apalagi saat memasuki lingkungan kantor, dengan berbagai latar belakang karyawan, kalian pastinya akan berhati hati dalam resiko pada pertama kali kerja, karena tu hal ini perlu diperhatikan untuk memberikan kesan kepada teman kerja baru dan atasan kalian di kantor dan berikut tips yang kalian bisa lakukan saat pertama kali bekerja

Gunakan pakaian yang formal

Walaupun kantor barumu fleksibel dalam hal pakaian, usahakan kalian tetap menggunakan pakaian yang formal dalam hasil pertama, kamu bisa bertemu dengan siapa saja dihari pertama kalian bekerja, seperti bos ataupun klien klien yang penting Walaupun sebenarnya boleh-boleh saja memakai pakaian yang agak santai tetapi tetap keliatan sopan dan kasual, namun masih banyak orang yang menganggap memakai kaos ke kantor tidak profesional kecuali  budaya di kantor  memiliki dress code  kaos.

Menunjukan semangat dalam team

Setelah Anda resmi bergabung dengan tim, jangan pasif, fokus pada pekerjaan yang telah diberikan kepada Anda, bagikan ide apa pun yang muncul di benak Anda, dan jangan lupa untuk menghormati rekan kerja Anda. kesan itu akan meningkat ketika mereka melihat gairah dalam diri Anda.

Jangan malu bertanya

Sebagai pendatang baru, tidak ada yang berharap bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan baik di awal, tanyakan apa yang belum dipahami baik  rekan kerja maupun atasan, itu lebih baik daripada melakukannya sendiri, tetapi dengan hasil yang tidak memumpuni, karena  hanya akan sia-sia dengan Waktu yang Anda punya dan Sangat penting untuk memeriksa ulang atau mengonfirmasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap karena Anda perlu memastikan pekerjaan Anda konsisten dengan yang diperlukan.

Perbanyak Mencatat Pada Hari Pertama Kerja

Banyak sekali hal-hal baru yang perlu diketahui di hari-hari pertama bekerja, antara lain tutorial, aturan dan tokoh penting terkait pekerjaan Anda. Untuk menghindari pengulangan penjelasan tentang hal-hal tersebut, coba perhatikan juga penjelasan dari rekan-rekan Anda. , pembimbing atau supervisor. Ada baiknya bertanya untuk memastikan pekerjaan Anda sudah benar, maka lain halnya dengan menanyakan hal-hal kecil, apalagi jika terus-menerus mendapatkannya. Mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali menunjukkan kurangnya disiplin dan ketidakpedulian.

Bersikap ramah dan hangat terhadap semuanya

Pada hari pertama bekerja Anda bertemu banyak karyawan. Dimulai dengan resepsionis, petugas keamanan, petugas dan karyawan dari unit atau departemen yang berbeda. Anda dapat menunjukkan sikap yang ramah dan hangat. Misalnya, ucapkan selamat pagi terlebih dahulu. , tersenyum pada mereka yang menatap Anda atau berjalan melewati Anda, bahkan saat Anda bertemu HRDdan mengenal rekan kerja di kantor.Jangan ragu untuk menjabat tangan mereka dan menyapa  atau halo untuk memulai presentasi Anda. Jangan takut dicap sebagai orang yang berpura-pura mengenal Anda dengan baik. Lagi pula, ini bukan tentang membuat wajah, ini tentang bersikap ramah seperti karyawan baru dan melakukan percakapan yang masuk akal.Artinya tidak menyebar kemana-mana, seperti gosip, komunikasi tentang pekerjaan atau kenalan yang bersifat umum.

Memasuki kantor baru selama beberapa hari pertama bisa menjadi penyesuaian yang sangat sulit bagi sebagian orang. Suka atau tidak suka, suka atau tidak suka, Anda harus menghadapinya. Sederhananya, jangan menganggapnya sebagai beban. Alih-alih, lihat itu sebagai peluang untuk berkembang, berpikiran terbuka, menjangkau rekan-rekan Anda, dan melakukan pekerjaan dengan baik.Karier yang cemerlang menanti Anda.