Tips Pekerja

8 Tips Sukses interview Kerja

Menerima panggilan untuk wawancara adalah langkah menuju mendapatkan pekerjaan impian Anda. Dalam sebuah wawancara, pelamar harus mampu menampilkan diri dengan baik. Dari segi penampilan, ucapan dan sikap. Pelamar bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan yaitu departemen sumber daya manusia, departemen yang dituju atau posisi lamaran atau bahkan manajemen perusahaan itu sendiri.Wawancara biasanya merupakan tahap terakhir dari seleksi.Setelah wawancara, Anda menunggu konfirmasi apakah Anda akan  bekerja di perusahaan tersebut atau mencari pekerjaan lain. Salah satu tahapan rekrutmen adalah wawancara kerja atau job interview. Wawancara adalah percakapan antara perekrut dan calon karyawan untuk memahami keterampilan, kepribadian dan karakter pelamar. Wawancara adalah kesempatan untuk mendapatkan hati HRD atau pengguna dan menunjukkan bahwa Andalah satu-satunya. calon yang akan diterima.

Memahami perusahaan dan posisi yang kamu lamar

Pahami perusahaan apa yang Anda tuju dan posisi apa yang Anda cari. Pewawancara ingin mengetahui berapa banyak informasi yang Anda miliki tentang segala sesuatu yang akan Anda hadapi nanti di tempat kerja. Profil dan deskripsi posisi yang mereka lamar dapat ditemukan di situs web resmi perusahaan.

Berlatih bicara

Berlatih berbicara dengan benar, intonasi yang  jelas, ekspresi yang benar dan bahasa tubuh yang benar di depan cermin. Perhatikan artikulasi suara, pilihan kata dan lakukan beberapa latihan wajah.

Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara, mis. B. “Ceritakan tentang diri Anda?”, “Mengapa Anda ingin melamar ke perusahaan ini?”, “Apakah itu menyebutkan kelemahan Anda?” dll.Jadi bersiaplah untuk menjawab jika pewawancara menanyakan hal itu kepada Anda. Selama wawancara kerja, pertanyaan hampir selalu ditanyakan tentang kekuatan Anda. Melalui pertanyaan wawancara tersebut, HRD ingin mengetahui apakah ada kelebihan atau kompetensi yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Untuk menjawab pertanyaan ini, cari tahu keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut lalu gabungkan dengan keuntungan yang Anda miliki. Berikan contoh penerapan manfaat ini pada pekerjaan dengan pengalaman yang  ada.

Menyiapkan penampilan terbaik

Kenakan pakaian yang tepat, rias wajah, tas, sepatu, dan apa pun yang meningkatkan penampilan Anda. Jika perusahaan memerlukan pakaian khusus untuk wawancara, ikuti aturan tersebut. Perhatikan juga hal-hal kecil dalam penampilan. Misalnya kuku, pakaian bersih, tidak ada bulu hewan peliharaan yang menempel di pakaian, benang atau kancing yang lepas, dll.

Bersikap santun dan hormat

Perlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan sopan dan hormat, mulai dari penjaga taman, penjaga keamanan, resepsionis hingga pewawancara. Menunjukkan arogansi sejak awal bisa berdampak negatif bagi Anda.

Datang tepat waktu

Perhatikan baik-baik kapan dan di mana Anda akan melakukan wawancara. Jangan terlambat  karena itu mencerminkan bagaimana Anda menghargai kesempatan ini. Luangkan waktu yang Anda perlukan untuk melakukan perjalanan dan istirahat sejenak saat Anda tiba di lokasi wawancara.

Berlatih tenang

Sebelum memasuki ruang wawancara, cobalah untuk melatih ketenangan, tarik napas dalam-dalam, hembuskan perlahan, berdiri tegak dengan bahu ke belakang, percaya diri, fokus dan hilangkan kecemasan sehingga Anda bisa fokus pada wawancara.

Cara menjawab pertanyaan

Setelah berlatih bicara, sekarang   saatnya engkau  memilih misalnya apa respons yg akan engkau  berikan pada pewawancara. Ingat, durasi wawancara hanya sebentar. Dan dalam waktu yg sama, engkau  wajib  menaruh kesan yg baik. Berikan respons menggunakan lugas & jelas, nir bertele-tele.

Berikuut adalah tips saat interview kerja, semoga berhasil ya guys!