Rekomendasi Bisnis,  Tips Bisnis,  Tips Pekerja

5 Usaha Bisnis Sampingan Karyawan Swasta, Modal Kecil!

Menjadi sosok karyawan swasta atau PNS pastinya menjadi sebuah kebanggan tersendiri karena dianggap mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya.

Namun sayangnya, terkadang penghasilan bulanan yang didapat tidak mencukupi untuk menambah aset kekayaan dan menabung.

Bisnis sampingan adalah salah satu alternatif jika Anda memang ingin menambah penghasilan. Sudah ada banyak usaha sampingan karyawan saat ini yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Simak ulasan berikut.

1. Reseller atau Dropship Online

Usaha sampingan karyawan yang pertama adalah dengan menjadi reseller barang-barang yang dijual secara online.

Dengan menjadi reseller seperti reseller barang fashion online, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Tugas Anda disini hanya cukup menjual barang yang sudah disediakan oleh supplier.

Anda bisa mulai menjualkan dagangan melalui media sosial yang dipunya atau berbagai e-commerce ternama.

Mulailah dengan membangun kepercayaan konsumen dengan menjual barang-barang yang berkualitas dan harga bersaing.

2. Broker Properti atau Kendaraan

Bisnis yang satu ini memang sangat menjanjikan karena komisi yang ditawarkan cukup besar pada umumnya.

Jika Anda mau usaha sampingan karyawan yang terjun ke dunia bisnis properti atau kendaraan, pastikan pekerjaan utama Anda tidak terabaikan.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba menjadi broker properti atau kendaraan secara online, yang dimana dengan menjadi broker kendaraan atau properti online, Anda bisa mengerjakan usahanya dimana saja dan kapan saja.

Jalin mitra baik dengan showroom kendaraan bermotor dan berbagai agen resmi properti.

3. Jasa Freelance Penerjemah

Jika Anda mempunyai kemampuan bahasa asing seperti Inggris, Jepang, italia, Korea, Mandarin, dan banyak lainnya, Anda bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk usaha sampingan karyawan sebagai freelancer penerjemah.

Jasa ini biasanya bisa berupa translate dokumen kantor, surat kabar, artikel, hingga jurnal. Anda bisa menentukan tarif per kata, jadi dalam sekali melaksanakan tugas, Anda bisa mendapatkan uang yang cukup besar.

Menjadi seorang pembuka jasa freelance penerjemah juga bisa menjadi salah satu alternatif usaha sampingan yang menjanjikan karena tidak memakan waktu begitu lama dan membuat pekerjaan tidak terabaikan.

4. Jasa Desain Grafis

Selain jasa penerjemah, ada beberapa dari kita yang memang lahir dengan bakat atau kelebihan untuk bisa menjadikannya sebagai usaha dan jadi tambahan uang.

Salah satu jasa yang banyak sekali dicari untuk sekarang ini adalah jasa desain grafis, yang dimana jika Anda mempuynyai kelebihan dalam hal ini, Anda bisa mencoba membuka jasanya.

Anda yang bisa membuka jasa pembuatan desain seperti banner, logo, kartu nama, hingga undangan pernikahan bisa dilakukan di akhir pekan Anda.

Promosikan jasa Anda melalui internet atau sosmed agar menarik banyak perhatian orang atau pengusaha yang membutuhkan jasa Anda.

Walaupun jasa yang satu ini memang membutuhkan skill, namun kita semua pasti bisa jika ingin belajar mencobanya.

5. Usaha Barang Rental

Barang rental ini juga bisa menjadi alternatif usaha sampingan. Anda bisa membuka usaha barang rental seperti kamera, kendaraan, hingga alat camping atau baju.

Contohnya, Anda mempunyai kamera DSLR yang sangat canggih dan layak untuk direntalkan dengan hitungan tarif per jam. Anda juga bisa menawarkan tripod, lensa, dan berbagai alat foto atau videografi yang Anda miliki.

Anda bisa menerapkan sistem deposito terlebih dahulu untuk menghindari barang yang disewakan terjadi kerusakan.

Nah, itulah 5 usaha sampingan karyawan yang tentunya bisa menjadi penghasilan tambahan, dengan menjalankan usaha ini pun Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.